SELAMAT DATANG

أسلام عليكم ورحمةالله... مرحبا بكم



Tuesday 19 June 2012

Niat Shalat Wajib & Do'a Qunut


NIAT SHALAT #Part I

Seperti yang kita ketahui bahwa Niat merupakan hal yang sangat penting ketika kita mau melakukan sesuatu, apalagi menyangkut tentang Ibadah. Baik itu Ibadah yang diwajibkan atau Ibadah yang di Sunnah-kan, dan niat menjadi inti sebelum melakukan peribadatan. Karena baik dan tidaknya suatu ibadah atau perbuatan ditentukan oleh niat itu sendiri.

Dalam ibadah shalat, niat termasuk dalam syarat syah-nya shalat. Dengan demikian dalam blok saya kali ini, saya akan menuliskan beberapa niat shalat, baik dari shalat wajib maupun shalat sunnah.

 I.                  NIAT SHALAT WAJIB

a.      Niat Shalat Subuh

* أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَينِ مُستَقْبِلَ القِبْلَةِ أَدَآأً لِلّه تعـالى
Ushollii fardlolsh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku sengaja shalat fardlu shubuh dua raka'at menghadap qiblat karena Allah".

b.      Niat Shalat Dhuhur

* أُصَلِّى فَرضَ الظُّهرِ ألربَعَ رَكَعَاتٍ مُستَقبِلَ القبلة أدآأً لِلّهِ تعـالى
Ushollii fardlodh dhuhri arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku sengaja shalat fardlu dhuhur empat raka'at menghadap qiblat karena Allah".

c.       Niat Shalat Ashar

* أُصلى فرض العَصْرِ ألربع ركعاتٍ مستقبل القبلة أدآأً لِلّهِ تعـالى
Ushollii fardlol 'ashri arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku sengaja shalat fardlu ‘ashar empat raka'at menghadap qiblat karena Allah".

d.      Niat Shalat Maghrib

* أُصلى فرض المَغرِبِ ثلاث ركعاتٍ مستقبل القبلة أدآأً لِلّه تعـالى
Ushollii fardlol maghribi tsalaatsa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku sengaja shalat fardlu maghrib tiga raka'at menghadap qiblat karena Allah".

e.      Niat Shalat Isya

* أُصلى فرض العِشَاء ألربع ركعاتٍ مستقبل القبلة أدآأً لِلّه تعـالى
Ushollii fardlol 'isyaa-i arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya :
"Aku sengaja shalat fardlu isya empat raka'at menghadap qiblat karena Allah"

f.        Niat Shalat Jumat

* أُصلى فرض الجُمعَة ركعتين مستقبل القبلة أدآأً مَّئْمُومًا لِلّهِ تعـالى
Usholli fardlol jum’ati rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma’mumal lillahi ta’aala.

Artinya:
“Aku sengaja shalat fardlu jumat dua raka’at menghadap qiblat karena Allah”

*** #_CATATAN_# *** 
Jika anda menjadi makmum atau imam maka setelah lafadz أدآأً (Adaa-an) anda tambahi dengan lafadz إمآمًا  (Imaam-an) apabila anda menjadi imam. Dan tambahan lafadz مَئْمُومًا   (Ma’muum-an) apabila anda menjadi ma’mum.

DO'A QUNUT

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِي مَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِي مَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِي مَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِي مَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ بِرَحْمَتِكَ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَا عَلَيْكَ، وإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ. فَلَكَ الْحَمْدُ عَلى مَا قَضَيْتَ, أَسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إليْكَ, وصَلَّى الله عَلى سيِّدنا مُحَمَّدًا ﻨِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وعلى أله وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
Allahummah dhinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman ‘afaiit, watawallanii fiiman tawallaiit, wa baarikhlii fiimaa a’thoiit, wa qinii birahmatika syarromaa qodlhoiit, fa innakha taqdlhii walaa yuqdlhoo ‘alaiikh, wa innahuu laa yadzillumaaw walaiit, walaa ya ‘izzuman ‘adzaiit, tabaarakh tarabbanaa wata’alaiit, falakalhamdu ‘alaamaa qadlhoiit, astaghfirukha wa atuubuu ilaiik, wa shollallohu ‘alaa syaiyidinaa muhammadan-in nnabiyil ummiyi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi wasallam.

Artinya :
“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engaku beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

__________________

Seperti biasa, saya juga manusia biasa, punya banyak kekurangan juga kesalahan, jika ada kekurangan/ kesalahan dalam penulisan lafadz niat sholat tersebut. saya mohon maaf kepada pemirsa dan mohon ampun kepada Allah SWT.
Jika anda menginginkan File DOC-nya silahkan unduh file-nya disini. 

Download


Untuk niat shalat sunnah, silahkan tunggu update blog saya selanjutnya (NIAT SHALAT #Part II). Hanya ada di Gubuk Kata.
..SEMOGA BERMANFAAT..
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Blogger Gadgets